10 Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang

Jadi Anda mengatakan Anda menyukai budaya Jepang, Anda terkejut mengetahui bahwa siswa sekolah negeri Jepang makan siang di kelas bersama guru mereka. Baca terus, untuk menemukan fakta yang lebih umum tidak diketahui tentang sistem pendidikan Jepang.

 

Berikut adalah 10 Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang  yang harus andaketahui :

 

  1. Tidak Ada Ujian untuk 3 Tahun Pertama Sekolah

Teori tentang mengapa siswa Jepang tidak diharuskan untuk mengikuti ujian sampai setelah kelas empat adalah bahwa orang Jepang menghargai perilaku yang baik. Menurut budaya Jepang, itu lebih penting untuk mengajarkan etiket yang tepat kepada siswa muda daripada memfokuskan energi kelas pada menjejalkan untuk tes standar yang akan datang. Keyakinan yang mendasarinya adalah bahwa karakter anak-anak harus dikembangkan. Karena itu, yang terbaik adalah menghindari kemajuan belajar penilaian siswa.

 

Mengembangkan rasa hormat terhadap orang lain diajarkan di kelas. Siswa harus menunjukkan rasa hormat satu sama lain dan, tentu saja, guru. Yang paling penting adalah hubungan siswa-guru. Seolah-olah, siswa yang tidak ingin mengecewakan gurunya tidak akan bertindak sembarangan.Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.

 

 

 

  1. Bukan Petugas Kebersihan, Tapi Siswa Membersihkan Sekolah

Siswa diJepang harus membersihkan sekolah mereka sendiri. Mereka membersihkan ruang kelas dan kamar mandi. Intinya adalah untuk mengajarkan siswa bagaimana bekerja tim, berbagi tanggung jawab, dan mengembangkan rasa hormat yang lebih besar untuk mengurus sesuatu. Mungkin, pelajarannya di sini adalah bagaimana siswa merawat tempat di mana mereka belajar mencerminkan bagaimana merawat orang lain. Peluang untuk membangun karakter bisa dilakukan di sekolah sejak kecil.

 

Para siswa dibagi menjadi kelompok sesuai tugas. Grup berputar sepanjang tahun, sehingga setiap siswa mendapat pengalaman dengan semua tugas. Saat membersihkan, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan tugas-tugas yang ditugaskan yang berputar sepanjang tahun.

 

 

  1. Siswa Makan Makanan yang Sama di dalam kelas

Selain siswa dengan alergi makanan serius, siswa Jepang dilayani makanan dari menu standar. Orang Jepang mengajarkan anak-anak mereka cara makan sehat sejak awal dengan memprioritaskan bahan-bahan berkualitas dan porsi realistis. Menu adalah kolaborasi antara profesional kesehatan dan koki terlatih. Selain itu, makan siang di sekolah sebagian besar dibuat menggunakan bahan-bahan segar yang bersumber dari petani lokal.

 

Guru makan siang dengan siswa mereka, sebuah praktik yang semakin memperkuat hubungan antara siswa dan guru. Seringkali, siswa Jepang melayani makan siang satu sama lain sebagai cara untuk mendistribusikan tanggung jawab kesejahteraan seluruh kelas. Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.

 

 

  1. Sekolah Umum Mengajar Seni Tradisional

Apa yang dianggap pengetahuan mendasar untuk sistem sekolah umum Jepang jauh melampaui ruang lingkup yayasan yang diidentifikasi oleh sebagian besar sekolah umum Amerika. Siswa Jepang diajarkan seni tradisional seperti Shodo (書道、 kaligrafi Jepang) dan haiku, gaya puisi formal. Shodo melibatkan penulisan karakter kanji dan kana dengan kuas bambu dengan tinta di atas kertas beras. Seni membutuhkan pengetahuan bahasa dan membantu menanamkan rasa hormat terhadap tradisi budaya. Kerajinan menulis haiku bekerja dengan cara yang sama untuk mempromosikan pada siswa kesadaran dan nilai bagi tradisi budaya nasional. Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.

 

 

  1. Siswa Jepang Memakai Seragam Sekolah

Sejak SMP, hampir semua sekolah negeri di Jepang mengharuskan muridnya mengenakan seragam. Standar bervariasi, tetapi banyak seragam berbagi aspek berikut: gaya militer, seragam hitam untuk anak laki-laki, dan blus pelaut dan rok untuk anak perempuan. Seragam sekolah sederhana dalam warna, potongan dan dekorasi.

 

Seperti semua standar terkait sekolah, ada poin di balik peraturan seragam. Idenya adalah bahwa ketika siswa mengenakan pakaian yang sama, mereka merasakan rasa komunitas yang lebih besar. Juga, setiap stigmatisasi sosial yang datang dengan penampilan luar diangkat, memungkinkan siswa untuk fokus pada pembelajaran. Beberapa sekolah di Jepang juga memiliki aturan ketat tentang aksesoris seperti ransel, serta tata rias dan bahkan gaya rambut.

 

 

  1. Taman Kanak-kanak adalah wajib

Taman kanak-kanak di Jepang adalah wajib, dan biasanya anak-anak mulai pergi ke sana pada usia tiga tahun.

Saat di TK, anak-anak Jepang menguasai dasar-dasar aritmatika dan dapat membaca Hiragana dan Katakana (sistem suku kata). Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.

 

7  Sekolah dimulai pada 1 April setiap tahun

Ketika di sebagian besar negara, sudah selesai tahun ajaran sekolah, Jepang baru mulai masuk sekolah. Awal tahun bertepatan dengan salah satu fenomena paling indah yaitu berbunga sakura.

Jadi, mereka mendengarkan dengan cara yang luhur dan serius. Tahun akademik terdiri dari tiga trimester: dari 1 April hingga 20 Juli, dari 1 September hingga 26 Desember, dan dari 7 Januari hingga 25 Maret.

 

Dengan demikian, orang Jepang beristirahat selama enam minggu dalam liburan musim panas dan selama dua minggu di musim dingin dan musim semi.

 

  1. Pendidikan tambahan sangat populer

Setelah dari sekolah dasar, anak-anak mulai memasuki sekolah swasta dan persiapan untuk masuk ke sekolah menengah yang baik.

 

Kelas tambahan diadakan di malam hari, dan di Jepang ada fenomena yang sangat khas, di mana pada jam 9 malam angkutan umum diisi oleh anak-anak yang bergegas pulang setelah pelajaran tambahan.

 

Mereka bahkan belajar pada hari Minggu dan hari libur, mengingat rata-rata hari sekolah berlangsung dari enam hingga delapan jam. Tidak mengherankan bahwa menurut statistik di Jepang, hampir tidak ada sarjana yang menganggur. Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.

 

 

  1. Mata pelajaran utama

Mata pelajaran utama di sekolah-sekolah Jepang adalah matematika, sejarah Jepang, ilmu sosial, kerajinan, musik, dan pendidikan jasmani.

Sekarang sebagian besar sekolah dasar sudah mulai mengajar bahasa Inggris. Anak-anak sekolah mempelajari gaya hidup sehat, ilmu komputer, musik, seni, pendidikan jasmani, dan ekonomi rumah tangga, serta seni tradisional, seperti kaligrafi dan haiku.

 

  1. Tingkat kehadiran di sekolah adalah 99,99%

Sulit membayangkan satu orang yang tidak pernah dalam hidupnya melewatkan kelas di sekolah, tetapi di sini adalah hal yang aneh jika tidak masuk sekolah. Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.Juga, anak sekolah Jepang hampir tidak pernah terlambat untuk kelas. Dan 91% siswa selalu mendengarkan guru. Negara lain apakah ada yang bisa membanggakan statistik serupa

Merupakan salah satu Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang yang menakjubkan.

 

Sistem pendidikan Jepang memiliki banyak fitur, karena mereka membesarkan anak-anak secara berbeda daripada yang mereka lakukan di AS atau Eropa.

 

Sangat mungkin, fakta inilah yang membuat Jepang menjadi negara yang keren dan sukses, dan hampir semua orang bermimpi untuk berkunjung.

 

Dengan mengetahui 10 Fakta Menarik Tentang Sekolah Jepang , mungkin kita juga berfikir untuk memerapkannya pada anak-anak kita.?

 

 

7

Write a Comment