5 Tips Tetap Bahagia Menjelang Masa Pensiun ini pada dasarnya juga berasal dari berbagai sumber. Akan tetapi, dengan referensi lebih dari satu, tentu bisa disebut jika artikel yang kami tulis lebih lengkap.

Seperti yang kita ketahui, masa pensiun tidak bisa terelakkan, khususnya bagi mereka yang sudah menginjak usia yang cukup tua. Tepatnya ketika kondisi tubuh sudah tidak kuat untuk bekerja lagi.

Nah, sebagai langkah persiapan menghadapi masa tua yang lebih bahagia. Akan ada baiknya jika kesemuanya dipersiapkan sedari dini.

Dengan tujuan, ketika masa itu sudah tiba, anda pun bisa merasakan hidup sebagaimana yang sudah direncanakan. Khususnya dari faktor ekonomi, yang kebanyakan orang susah mencari makan di hari tua.

5 Tips Tetap Bahagia Menjelang Masa Pensiun

Nah, melansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 poin yang bisa membuat masa tua lebih bahagia. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak daftar berikut :

1. Mengelola Dana Pensiun Dan Tabungan

Pengelolaan dana dan tabungan ini, tentu harus dijalankan dengan baik. Pasalnya ketika kita memasuki masa pensiun, secara otomatis kita tidak akan menerima gaji rutin setiap bulannya.

Secara umum sumber penghasilan kita kala itu ialah uang pensiun yang kita terima dari perusahaan ataupun uang tabungan.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengelola dana yang ada saat ini, sehingga di belakang hari bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Melunasi Utang Piutang

Hutang merupakan tanggungan serius yang tidak boleh dibiarkan hingga berlarut-larut. Jangan sampai masa pensiun kita terganggu dengan urusan tersebut.

Segeralah melunasi hutang tersebut dengan dana yang kita miliki, khususnya yang bersifat konsumtif. Namun jika tidak bisa melunasi langsung, lunasi sebagian dan atur ulang pembayarannya.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Pada Bisnis Online

Ketika kita terbebas dari hutang, tentu hidup akan merasa damai, tidur akan nyenyak, dan tidak terganggu dengan beberapa hal terkait dengan cicilan atau sejenisnya.

3. Cairkan BPJS Ketenagakerjaan

Jika anda selaku karyawan, sudah pasti kita memperoleh hak kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari pihak kantor. Dan ketika kita sudah berhenti bekerja, maka secara otomatis dana tersebut bisa kita cairkan.

Oleh karena itu, lakukanlah pencairan dana tersebut sebagai penunjang masa pensiun. Baik untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ataupun diputar lagi sebagai modal usaha.

4. Berinvestasi Dengan Dana Pensiun

Meski tidak begitu dianjurkan, namun dengan dana pensiun yang besar, maka tidak ada salahnya jika anda mengalokasikan dana pensiun untuk berinvestasi dengan membeli aset ekonomis, tentu yang mempunyai prospek memberikan untung kepada ita.

Sebagai contoh ialah dengan membeli rumah, tanah, mobil, atau beberapa hal yang bisa digunakan untuk aktivitas produktif, seperti halnya disewakan, dijual kembali, atau yang lainnya.

5. Memanfaatkan Keahlian Dan Reputasi

Tidak semua orang mempunyai keahlian yang bisa diandalkan ketika sudah mencapai masa pensiun. Namun pada sebagian lagi, keahlian dan reputasi tersebut bisa dimanfaatkan.

Dengan kata lain, keahlian yang kita miliki bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Contoh sederhananya ialah konsultan, tenaga ahli, atau sejenisnya.

Didukung dengan reputasi yang baik, tentu akan menjadi penunjang untuk berkembangnya usaha anda. Dan pastinya, uang pun akan datang dengan sendirinya.

Bagaimana? Apa anda sudah berencana untuk pensiun? Sekian dari kami dan semoga bisa membantu.

Write a Comment