Dalam kehidupan seseorang, masalah takdir adalah masalah ghaib yang tidak bisa diketahui orang bersangkutan. Ia tidak mengetahui bagaimana takdirnya. Apakah ia akan menjadi kaya atau miskin. Namun itu semua hanya Tuhan yang mengetahuinya. Takdir setiap manusia sudah ditentukan sebelum manusia itu lahir.

Berdasarkan khazanah Islam, ada dua macam takdir pada manusia yaitu takdir baik dan takdir buruk. Lalu ada pula takdir yang tak dapat dirubah. Dan ada takdir yang bisa diubah. Tuhan tak akan mengubah takdir manusia kecuali manusia itu mau mengubah nasibnya sendiri.

Salah satu contoh takdir manusia yang tidak bisa dirubah adalah dari siapa ia dilahirkan dan di negara mana ia dilahirkan serta dari keturunan siapa dan lain sebagainya. Warna kulit anda sudah ditentukan oleh Tuhan. Anda tidak bisa berharap lahir di negara maju kalau sudah ditakdirkan lahir di Indonesia. Anda tidak dapat protes kepada Allah swt. Terimalah takdir anda sebagai suatu hal yang tak bisa diubah.

Pada jaman Rasulullah saw ada seorang pria miskin. Ia meminta kepada Rasulullah saw supaya didoakan menjadi kaya. Lalu Rasulullah memberikan pada orang tersebut seekor kambing betina. Kemudian kambing itu hamil dan beranak pinak hingga ratusan ekor. Yang kemudian membuat orang itu kaya raya dan semakin sibuk dengan bisnis ternak kambing.

Dari kisah nyata di atas hanyalah memberikan gambaran suatu takdir miskin yang dapat diubah. Sehingga suatu kemiskinan bukanlah takdir. Tapi itu suatu pilihan. Seseorang dapat keluar dari kemiskinan menuju kekayaan dengan melakukan berbagai cara. Seperti berwirausaha, berdagang dan lain-lain.

Pendek kata, tak ada seorang manusia pun ditakdirkan untuk miskin. Setiap orang kaya raya. Ia memiliki hidung, telinga, paru paru, tangan dan kaki secara sempurna. Semua sebagai modal yang nilainya tak terhingga dan tak dapat digantikan dengan uang tunai. Jadi sebenarnya anda ditakdirkan menjadi orang kaya.

Apakah Saya Ditakdirkan Kaya Atau Miskin lihat Ciri-Cirinya

Untuk mengetahui apakah saya ditakdirkan kaya atau miskin maka anda bisa melakukan pengecekan. Berikut ini beberapa tanda-tanda anda ditakdirkan miskin selamanya, antara lain:

1.Tak menyukai belajar hal baru

Anda bersifat jadul dan tak menyukai hal yang baru yang tampak rumit. Karena anda mesti belajar  lagi dari nol. Anda ingin simpel dan sederhana. Kalau anda memiliki sifat demikian berarti anda mungkin sudah ditakdirkan miskin. Orang yang ditakdirkan kaya adalah mereka yang menyukai hal-hal yang baru. Khususnya yang berkaitan dengan teknologi. Walaupun tampak rumit, mereka menyukai dengan antusias.

Pada tahun 2019 ini dunia semakin berubah secara cepat perdetik. Sehingga ilmu-ilmu yang diterapkan dulu tidak berlaku lagi di jaman sekarang. Saat ini tumbuh ilmu-ilmu baru yang keesokan hari bisa menjadi basi. Alasan inilah yang membuat anda mesti menyukai hal baru dan belajar hal baru tersebut supaya anda tetap bisa eksis dan survive dalam dunia bisnis, profesi, karir dan kehidupan anda.

Banyak orang kaya saat ini menjadi miskin karena mereka tidak menyukai hal yang baru. Ilmu bisnis jadul mereka tak berlaku lagi dan kalah dengan ilmu bisnis baru yang menggunakan teknologi internet. Anda lihat beberapa outlet usaha bangkrut karena tidak menerapkan ilmu bisnis terbaru. Sulit rasanya bagi anda menjadi kaya raya jika anda tidak menyukai hal baru.

Sebagai contoh sistem komunikasi penjualan kebanyakan saat ini menggunakan whatsapp atau website untuk terjadinya penjualan. Jika anda menggunakan cara-cara lama menggunakan aplikasi BBM maka itu tak berlaku lagi. Sudah lama orang meninggalkan aplikasi itu. Sehingga jika anda mempertahankan kebiasaan lama maka tidak akan terjadi penjualan lagi dan anda bisa bangkrut.

Namun apabila anda menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang ada. Dan anda menyukai hal baru dengan aplikasi terbaru seperti whatsapp yang banyak digunakan orang dan anda mempelajarinya maka akan membantu anda menjadi kaya raya dengan penjualan yang banyak.

2.Suka mengeluh

Salah satu kebiasaan buruk adalah suka mengeluh. Jika anda mempunyai sifat demikian dari anak-anak sampai saat ini mungkin anda sudah ditakdirkan menjadi orang miskin. Mengeluh tidak akan mengubah keadaan. Justeru akan memperburuk keadaan.

Salah satu ciri orang yang suka mengeluh adalah tak ada hal yang positif dalam hidupnya dan ia cenderung mempunyai mental peminta-minta. Kehidupannya bergantung kepada orang lain. Jika diberikan makanan ia mengeluh. Apabila diberi pekerjaan ia mengeluh. Pokoknya ia selalu mengeluh seolah-olah tak ada hal yang positif dalam kehidupannya. Orang inilah yang disebut Jack Ma sebagai orang yang mempunyai dan ditakdirkan miskin.

Orang yang suka mengeluh hidupnya tidak akan bahagia selamanya. Ia tidak bersyukur sedikitpun atas karunia Allah swt padanya. Waktunya dihabiskan untuk mengeluh dan mengeluh. Bukannya untuk memperbaiki dan mengembangkan diri. Orang ini patut dikasihani.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari. Seorang pria jomblo ia mengeluh hidupnya yang belum menikah. Namun ketika sudah menikah maka ia tetap mengeluh. Karena istrinya berbuat tak sesuai harapannya dan tak memiliki anak. Setelah mempunyai anak, ia mengeluh karena ada beban ekonomi tambahan yang harus dipikulnya.

Contoh berikutnya adalah ketika seorang pria hidup bersama mertua mengeluh. Lalu setelah hidup mandiri tetap mengeluh. Tak memiliki pekerjaan mengeluh. Setelah mempunyai pekerjaan tetap mengeluh. Anda maunya apa? Pendek kata, orang yang suka mengeluh bagaimanapun akan selalu mengeluh. Kalau anda selama ini suka mengeluh maka mungkin anda sudah ditakdirkan menjadi orang miskin.

3.Suka menghakimi orang lain

Orang sukses adalah mereka yang melihat sesuatu tak beres dan tak langsung menghakimi orang lain. Ia mencermati dulu. Belajar dulu. Baru diambil satu keputusan.

4.Suka cari alasan

Salah satu cara paling mudah melihat ketidak beresan adalah menyalahkan orang lain. Salah satu contohnya ketika anda disuruh menjual barang maka anda tak mau. Dengan alasan barangnya mahal atau sulit terjual. Bisa pula anda sedang membutuhkan pekerjaan maka ketika ditawari sebagai marketing maka anda menolaknya. Dengan alasan tak pandai bicara dan lain sebagainya. Kalau begitu kapan anda bisa sukses. Kalau anda bersikap selalu mencari alasan maka mungkin anda sudah ditakdirkan menjadi orang miskin selamanya.

5 Suka mencari kesalahan orang lain

Setiap orang mempunyai sisi baiknya. Jangan menganggap orang lain jahat atau sampah. Jika anda melihat orang lain dari sisi buruknya maka anda sudah ditakdirkan menjadi orang miskin. Anda tidak bisa melihat kebaikan orang lain dan keindahan dunia ini. Sehingga anda tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Padahal untuk menjadi kaya raya membutuhkan orang lain atau tim hebat serta mampu mendelegasikan pekerjaan pada orang lain.

Anda jangan menganggap orang lain penipu atau jahat dengan banyak membaca pengalaman buruk orang lain. Tapi lebih banyak pula pengalaman orang lain yang terbantu dengan kehadiran orang lain. Yang membuat bisnisnya semakin berkembang maju. Sebab ada sisi positif dan kebaikan dari orang lain tersebut.

6.Suka menghina

Anda jangan pernah menghina orang lain. Misalkan orang lain yang keadaan miskin. Karena miskin adalah sementara. Jika anda suka berbuat demikian maka itu pertanda anda ditakdirkan miskin selamanya.

7.Suka iri hati melihat kesuksesan orang lain

Salah satu dosa besar adalah anda iri hati kepada kesuksesan orang lain. Jika anda melihat kesuksesan orang lain janganlah iri tapi anda mesti bersuka cita dan mencoba belajar darinya bagaimana proses ia meraih kesuksesan dan anda bisa belajar darinya.

8.Suka meremehkan orang lain

Orang yang sudah ditakdirkan miskin adalah mereka yang suka menganggap remeh orang lain. Padahal semua orang tidak boleh dianggap remeh. Walaupun anak kecil sekalipun.

9.Tak suka perubahan dan adaptif

Orang yang tak mau terjadinya perubahan dan adaptif maka orang itu sudah ditakdirkan miskin. Mereka menjadi korban perubahan itu sendiri. Tak ada yang berubah kecuali perubahan itu sendiri.

10.Anda tak memiliki tujuan hidup

Dengan anda tak memiliki tujuan hidup maka anda hidup bersikap monoton atau stagnan. Anda hanya berputar-putar tanpa arah. Dan hidup anda tak kemana mana tanpa arah yang jelas. Berputar dan berputar seperti lingkaran dan tak mengalami kemajuan berarti.

Demikianlah sepuluh hal pertanda apakah anda ditakdirkan miskin. Apabila anda mempunyai sepuluh kriteria di atas berarti anda sudah ditakdirkan menjadi orang miskin. Namun jika hanya dua yang terdapat pada diri anda maka anda berpeluang untuk kaya raya dengan cara memperbaiki dua hal yang kurang tersebut.

Write a Comment