Macam-macam Model Bisnis Dengan E-Commerce

Posted on

Bisnis e-commerce merupakan sebuah trobosan baru dalam dunia bisnis yang sudah menggunakan layanan digital. Model bisnis dengan e-commerce merupakan salah satu penggerak ekonomi yang menggunakan teknologi modern dn terbarukan. Peuang bisnis ini cukup besaruntuk dicoba.

Model bisnis dengan e-commerce bisa dibilang juga sebagai bisnis online dengan berbagai macam jenis. Bisnis e-commerce bila dilakukan dengan serius maka akan menghasilkan keuntungan yang tidak bisa dianggap remeh. Beberapa jenis bisnis e-commerce juga saat ini sedang ramai digunakan.

Contoh Bisnis E-Commerce

ada beberapa contoh bisnis e-commerce yang cukup bagus untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha yang akan menghasilkan banyak keuntungan. Pebisnis terkenal seperti jack ma juga sudah lama menggunakan bisnis e-commerce karena bisa dijangkau oleh siapa saja. Berikut beberapa contoh bisnis e-commerce yang cukup populer :

  1. Bisnis dropshipping

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari usaha tetapi tidak memiliki modal, Anda bisa mencoba bisnis dropshopping diberbagai marketplace. Ada banyak kesempatan Anda untuk melakukan dropshopping, salah satu contohnya yaitu dropshopping dari shopify. Menjual barang atau sesuatu dengan cara tidak merestcoknya merupakan cara kerja dari dropshipping.

  1. Bisnis subscription ecommerce

Subscription ecommerce merupakan sebuah bisnis dengan cara kerja yang cukup unik. Jika Anda mempunyai sebuah tempat bisnis yang menjual produk, maka bukalah model bisnis dengan ecomers berupa pelanggan tetap. Pelanggan tetap atau subscription ini melakukan pembelanjaan secara rutin dan mendapatkan potongan harga. Oleh sebab itu, bisnis tersebut menguntungkan untuk kedua belah pihak.

  1. Bisnis e-commerce melalui website

Untuk memulai bisnis ecommerce, salah satu hal yang harus dilakukan yaitu dengan membuat sendiri website toko online sendiri. Berjualan online menggunakan website cukup besar peluangnya karena banyak masyarakat yang suka membaca tulisan di internet. Dengan adanya website, produk yang Anda jual bisa di iklankan atau dipromosikan lebih luas.

  1. Menjadi mitra bisnis di amazon

Amazon atau alliexpress merupakan perusahaan besar yang menggunakan ecommerce dalam menjual produk-produknya. Anda bisa mencoba peruntungan dengan affiliate dari alliexpress atau amazon dalam arti lain yaitu bergabung dengan perusahaan tersebut. barang-barang yang dijual disana cukup banyak dan terpercaya sehingga akan lebih mudah Anda untuk mendapatkan untung.

  1. Peluang Business to consumer

Salah satu jenis bisnis ecommerce yang bisa dicoba adalah business to consumer. Cara kerjanya cukup mudah yaitu Anda sebagai penjual perantara antara produsen atau perusahaan besar kepada konsumen akhir yang membutuhkan barang. Anda bisa memilih jenis barang apa yang akan dijual kepada konsumen akhir karena ada banyak pilihan.

  1. Menjual barang di marketplace

Penjualan barang di era modern ini tidak hanya dilakukan dipasar konvensional melainkan ada pasar online yang bernama marketplace. Marketplace adalah salah satu tempat penjualan online yang menyediakan berbagai macam produk. Produk marketplace bisa diakses oleh penjual ataupun pembeli secara online. Jika Anda mempunyai sebuah produk untuk dijual, maka marketplace merupakan tempat yang cocok digunakan.

  1. Toko online di media sosial

Saat ini, penggunaan media sosial merupakan hal wajib yang harus dimiliki agar tetap terlihat eksis. Media sosial juga bisa digunakan sebagai bisnis. Caranya yaitu membuat toko online yang diposting di media sosial. Contoh media sosial bisa berupa facebook, instagram, line, watsapp, twitter dan lain sebagainya.

Beberapa model bisnis dengan e-commerce di atas bisa Anda terapkan untuk membangun sebuah usaha yang nantinya dapat berkembang lebiih besar lagi. Karena peluang bisnis e-commerce ini cukup menjanjikan, maka sayang sekali jika Anda tidak mengambil kesempatan emas tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *