Rekomendasi Aplikasi BIsnis Online Kekinian

Deskripsi:

Di zaman sekarang, rintangan dan hambatan dalam mengelola bisnis terminimalisir dengan adanya aplikasi yang mampu membantu mengelolanya. Aplikasi untuk berjualan online ini bisa dioperasikan secara mobile hanya menggunakan smartphone yang Anda miliki. Mudah dan efisien pokoknya!

Artikel:

Teknologi mendorong pembaharuan sistem kerja manusia serta efisiensi pelaksanaanya. Kecanggihan teknologi berkembang pada semua sektor kehidupan manusia. Ringkasnya, adanya teknologi mampu mempercepat dan memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Dalam bidang bisnis, kini kita bisa temui banyaknya toko online di luar sana. Bukan tanpa sebab, hal tersebut muncul karena penggunaan smartphone yang sangat masif. Smartphone di zaman sekarang tidak hanya berguna menjadi alat komunikasi. Bisnis online memberikan peluang untuk menjaring calon pembeli lebih banyak tanpa terborderisasi oleh jarak dan waktu. Selain itu, Anda dapat menghemat biaya karena tidak perlu menyewa bangunan toko. Lalu, apakah mengelola bisnis online lebih mudah dengan bisnis offline? Jawabannya relatif. Sebab, semua hal perlu ada ilmu dan keseriusan. Bagi Anda yang baru memulai usaha online, Anda dapat menggunakan aplikasi bisnis online. Apakah itu? Ialah aplikasi penunjang kegiatan transaksi jual beli mulai dari sistem pembayaran, manajemen keuangan dan pemasaran, customer service pelanggan, dan sebagainya.

Di playstrore maupun app store ada beragam aplikasi yang bisa Anda coba sesuai kebutuhan dan keinginan. Berikut rekomendasi aplikasi untuk berjualan online.

  1. Aplikasi editor foto

Dari mata jatuh ke hati, begitu pepatah berbicara tentang pentingnya sebuah penampilan. Dalam hal bisnis, sebaik apapun kualitas produk yang Anda jual, tidak akan berpengaruh besar jika Anda tidak mampu memberikan tampilan yang menarik. Ditambah lagi, kekurangan bisnis online adalah ketidakmampuan pelanggan mengevaluasi produk secara langsung sebelum membelinya.

Baca Juga :  5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Dicoba

Anda dapat  menghasilkan foto produk yang aesthetic menggunakan aplikasi yang bisa mengatur brightness, ketajaman, dan opsi foto lainnya melalui aplikasi di bawah ini:

  1. Adobe Lightroom, merupakan aplikasi edit foto all in one. Aplikasi memiliki fitur yang sangat lengkap. Anda dapat mengedit foto produk layaknya editor professional. Jika bingung, Anda bisa mencari preset di internet.
  2. VSCO cam, siapa yang tidak kenal keunggulan aplikasi VSCO ini. Saat menggunakan aplikasi VSCO Anda sudah bisa mengutak atik foto dengan filter ciamik yang sudah tersedia. Tinggal atur saja derajat atau konsistensi filter tersebut.
  3. Photo Grid, aplikasi ini cukup sederhana oleh karenanya keberadaan fiturnya pun tidak selengkap seperti dua aplikasi diatas. Photo grid mampu mengubah ukuran foto, menggabungkan foto, menambah teks, dan menempelkan stiker.
  4. Aplikasi bisnis online pembuat konten

Ada banyak platform media sosial yang bisa menjadi saluran promosi produk Anda. Umumnya, tiap merek memiliki akun official yang berguna sebagai pusat informasi produk yang ditawarkan. Informasi tersebut dapat berbentuk banner, kiriman instagram, infografis, poster, dan masih banyak lagi. Untuk mempermudah pembuatan konten tersebut Anda dapat menggunakan aplikasi:

  1. Canva, aplikasi ini menyediakan template yang beraneka ragam. Menurut penulis, Canva mampu memberikan referensi model konten yang variatif walaupun masih dalam mode gratis. Jika Anda menginginkan model diluar dari template, Canva menyediakan lembar kerja kosong yang bisa Anda kreasikan sendiri. Sebab terdapat pilihan warna, ilustrasi, objek, font, dan lainnya. Anda harus coba aplikasi ini, ya!
  2. Over, berbeda dengan Canva, aplikasi ini membutuhkan aktivasi premium sehingga proyek konten produk Anda lebih bervariasi. Tak perlu berkecil hati, desain pada mode gratisnya juga tidak kalah menarik kok. Apalagi jika Anda ingin membuat konten berbasis IG stories.
  3. Aplikasi finansial
Baca Juga :  Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Bisnis online menuntut Anda untuk bisa mengatur keuangan usaha Anda secara mandiri. Apalagi untuk model bisnis pemula yang mungkin belum bisa merekrut seorang akuntan atau manajer keuangan. Oleh karena itu, aplikasi yang dibutuhkan online shop dalam mengelola keuangannya adalah:

  1. Money Lover, aplikasi ini uanggulan dalam mengelola keuangan dari dua rekening yang berbeda, memberikan pembaharuan secara real time, dan bisa terhubung dengan laptop atau PC.
  2. Quickbooks, aplikasi tidak bisa digunakan dalam mode gratis. Namun, sangat bermanfaat untuk menyusun laporan akuntansi setiap bulannya. Selain itu, terdapat fitur mata uang yang beragam dan panduan penggunaan aplikasi.
  3. Aplikasi pengingat

Selain menjadi pengingat aplikasi berikut ini mampu mempermudah Anda dalam membuat perencanaan kegiatan dalam jangka waktu tertentu. Lalu apa saja aplikasi tersebut?

  1. Evernote, tersedia di windows hingga android maupun ios yang berfungsi untuk mengatur catatan berdasarkan kategori yang Anda kustomisasi.
  2. OneNote, selain membuat catatan Anda bisa menyisipkan gambar, komentar audio, dan link tertentu.
  3. Google Keep, aplikasi notes ini langsung terhubung ke akun Google Anda serta dapat dibuka kapan saja.
  4. Trello, merupakan aplikasi task management yang bisa membantu Anda membuat to-do-list project.
  5. Aplikasi chatting

Aplikasi chatting dapat digunakan sebagai layanan pelanggan. Tempat untuk menerima berbagai masukan dari pelanggan. Customer service yang andal adalah yang mampu menanggapi pertanyaan maupun masukan dengan tanggap dan ramah. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti whatsaap, line, maupun telegram. Kini aplikasi tersebut memiliki fitur bisnis sehingga Anda bisa mensinkronasikan dengan akun official maupun hal-hal yang terkait bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan bot maupun admin sungguhan atau malah keduanya. Tentunya hal ini disesuaikan dengan tujuan dan situasi bisnis Anda, ya!.

  1. Aplikasi pengelola media sosial
Baca Juga :  Menambang Rupiah dengan Menjalankan Bisnis Pupuk Organik di Kala PANDEMI

Sebuah toko online biasanya memiliki lebih dari satu media sosial. Tak jarang mereka kewalahan dalam mengelola dan menjadwalkan postingan konten. Jadi, gunakan aplikasi berikut ini untuk memudahkan kerja Anda.

  1. Hootsuite, Anda bisa mengorganisir dan menjadwalkan postingan ke beragam media sosial Anda.
  2. Buffer, sama seperti Hootsuite, Anda bisa membuat jadwal setiap postingan dan memostingnya secara otomatis.
  3. Pembuat website online

Aplikasi bisnis online berikut ini cocok untuk usaha kalian yang menginginkan adanya tempat berjualan yang terintegrasi dengan sistem manajemen yang professional. Tidak hanya menggunakan media sosial sebagai tempat berjualan maupun promosi, sebuah website bisa menjadi penguat mengapa produk Anda lebih baik. Sebab calon pelanggan pun akan memerhatikan hal ini.

Anda bisa menggunakan Sirclo untuk membuat website online dengan template web yang sudah tersedia. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu Anda terhubung ke marketplace.

  1. Aplikasi marketplace

Marketplace banyak digandrungi oleh konsumen sebab keuntungan gratis ongkirnya. Dengan kelebihan ini Anda dapat memaksimalkan potensi laba, bukan?

Ada beberapa marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain-lainnya. Gunakan platform yang memang sesuai dengan sasaran pelanggan.

  1. Aplikasi Mobile Banking

Inti dari bisnis online adalah layanan yang mudah dan instan. Jadi jangan mempersulit diri sendiri terkait sistem pembayaran, ya!

 

Setiap pelaku bisnis pasti memiliki situasi dan kebutuhan yang berbeda tetapi artikel diatas dapat menjadi referensi Anda dalam menggunakan aplikasi bisnis online untuk mengelola dan mengembangkan online shop Anda.

Write a Comment