Tutorial Menabung Yang Baik Dan Benar – Bebas dari Financial

Posted on

Sebuah kalimat bijak mengatakan “Rajin pangkal pandai. Menabung pangkal kaya”. Apakah benar dengan menabung akan membuat kaya? Kalimat bijak ini mengingatkan pentingnya menabung untuk menjadi orang kaya. Anda tidak akan pernah menjadi orang kaya jika anda tak mempunyai kebiasaan menabung yang baik dan benar. Orang kaya dapat dilihat dari cirinya yang suka menabung atau menyisihkan uang mereka.

Anggapan di masyarakat soal menabung sering salah kaprah. Mereka menyimpan uang di rekening tabungan atau bahkan menyimpan uang di rumah yang tak memberikan hasil investasi. Perlu diketahui orang kaya menghasilkan uang dibantu dengan uang mereka yang menghasilkan uang. Sebuah syair lagu anak mengatakan : “ Menabung yuk kita nabung. Menabung yuk janganlah bingung. Lama lama kita akan mendapatkan untung”.

Apa jadinya jika orang tak menabung. Pastinya ia akan sulit mendapatkan barang yang dikehendakinya. Sebuah kalimat mutiara mengatakan : Sedikit demi sedikit menabung lama-lama menjadi bukit.”

Pengertian Menabung

Menabung adalah suatu kegiatan menahan emosi atau pengendalian diri dari sikap boros dan berlebihan. Kebiasaan menabung sudah dimiliki oleh anak-anak Indonesia. Dari mulai TK sampai Universitas, setiap orang terbiasa dengan menabung. Menabung adalah menyimpan uang untuk diambil manfaatnya suatu waktu.

Lalu bagaimana cara menabung? Ya tabunglah. Syarat utama adalah anda mempunyai uang berlebih yang bisa anda tabung. Jika anda tak mempunyai uang maka bagaimana anda bisa menabung? Nabung disini adalah menabung atau investasi uang untuk mencapai tahap jutawan dan miliarder. Semua orang kaya menabung dan itu sangat penting.

Robert T Kiyosaki mengatakan tidak penting seberapa penghasilan yang anda dapatkan. Tapi yang jauh lebih penting adalah seberapa besar uang yang anda simpan atau tabungkan. Sebab banyak orang yang penghasilannya besar tapi tidak bisa menabung. Sehingga ia menjadi miskin terus menerus.

Cara Menabung Yang Baik Dan Benar

Berikut ini tiga cara menabung yang baik dan benar menurut Robert T Kiyosaki yang disampaikannya pada buku Rich Dad Poor Dad, antara lain:

1.Menabung pada surat berharga seperti saham

Dalam hal ini, anda menabung saham bukannya bermain saham. Namun saat ini masih banyak orang yang menganggap hukum transaksi saham menurut agama Islam adalah haram karena mengandung unsur perjudian. Padahal halal asalkan dijalankan sesuai prinsip dan syariat Islam. Dalam arti tak mengandung unsur perjudian, penipuan dan hal yang dilarang dalam Islam.

Yang menggembirakan sekarang ada yang dinamakan saham syariah. Sehingga anda bisa memilih menabung saham syariah yang terjamin halal dan berkah. Karena diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional. Dengan menabung saham maka uang anda menghasilkan uang untuk anda sesuai kategori kuadran Investor. Tidak ada perjudian dalam saham. Sesuatu terjadi secara pasti. Baik keuntungan atau kerugian.

Kebiasaan orang kaya di dunia adalah uang menghasilkan uang. Ia tidak mengandalkan tenaga dan waktu sendiri. Tapi juga menggunakan bantuan uang untuk menghasilkan uang kembali. Karena waktu dan tenaga manusia adalah terbatas. Salah satu contoh menabung yang baik dan benar adalah menabung saham, deposito atau bisnis properti. Namun yang menjadi pembahasan saat ini adalah menabung saham.

Menabung saham saat ini sangat dimudahkan. Seiring dengan hadirnya program pemerintah untuk mensosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang saham. Untuk menabung saham bisa dimulai dari uang ratusan ribu rupiah. Pastikan anda membeli saham yang terdaftar di otoritas Jasa Keuangan (OJK). Supaya terhindar dari penipuan dan kerugian.

Membeli saham laksana anda membeli suatu perusahaan. Dimana anda mempunyai usaha atau perusahaan itu sendiri tanpa keterlibatan anda di dalamnya. Bagaimana anda sudah siap menabung saham saat ini sebagai investasi di masa depan?

2.Properti

Bentuk properti itu bisa berupa apartemen, ruko, rumah kontrakan, kost kostan, tanah yang disewakan dll. Semua properti itu bisa menghasilkan uang atau uang menghasilkan uang. Dan berdasarkan fakta bahwa dari jaman dulu hingga sekarang kebanyakan orang kaya berasal dari menabung properti. Ada banyak alasan akan hal ini, antara lain:

-Nilai atau harga properti akan semakin naik setiap tahun bahkan setiap hari

-Nilai atau harga properti tak pernah menyusut

Namun anda tidak mudah untuk menabung properti seperti rumah atau tanah. Disebabkan harga properti lumayan mahal. Bagi sebagian orang tak terjangkau. Misalkan harga rumah dikisaran ratusan juta rupiah. Anda bisa menyikapinya dengan mencicil properti.

3.Logam Mulia

Apa itu pengertian dan contoh logam mulia? Logam mulia adalah logam yang mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi. Salah satu contoh yang familiar adalah emas. Nilai atau harga emas yang terus naik menjadikan investasi ini sangat menjanjikan. Orang-orang kaya pada jaman dulu sampai sekarang ini biasa menabung emas untuk meningkatkan kekayaan mereka.

Cara Konsisten Dan Sukses Menabung

Untuk berhasil dalam menabung tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa sikap berikut ini, antara lain:

1.Sikap konsistensi

Menabung dilakukan secara berkala. Jangan sampai satu kali menabung selamanya tak menabung. Sikap konsistensi dalam menabung akan membentuk karakter anda sebagai penabung yang baik. Hal ini sangat bagus. Jika aktifitas menabung menjadi rutinitas dan kebiasaan anda. Besaran uang yang anda tabungkan terserah anda. Mau besar maupun kecil. Yang penting konsistensi. Lebih besar pastinya itu lebih baik. Lebih kecil itu tak mengapa. Yang penting menabung dan sesuai kemampuan anda secara rutin . Suatu saat anda akan menjadi miliuner dengan menabung saham, properti maupun emas.

Salah satu orang miskin yang menjadi miliarder dari kebiasaan menabung yang baik adalah Warren Buffet. Beliau sangat gemar menabung saham yang membuatnya jadi orang terkaya di dunia urutan kedua setelah Bill Gates. Jika ditanya apa nama perusahaan yang dimiliki Warren Buffet? Maka jawabannya tak ada. Namun ia mempunyai banyak perusahaan dari banyak saham yang dibelinya tanpa ia terlibat langsung dalam manajemen perusahaan tersebut.

Salah satu cara sukses menabung sahamnya adalah jangan menyimpan pada satu keranjang yang sama. Beliau membeli banyak saham yang berbeda untuk menghindarkan kerugian. Dan salah satu kisah fenomenal dalam membeli sahamnya adalah ketika ia membeli saham perusahaan Coca Cola seharga 1 dolar AS pada beberapa puluh tahun yang lalu. Ia selalu rajin menabung saham hingga jadi miliarder dan menguasai sebagian besar saham perusahaan raksasa Coca Cola.

2.Menabung dulu

Sering kali seseorang ketika mendapatkan gaji langsung membelanjakannya. Kemudian sisa uang belanja dipergunakan untuk menabung. Hal ini keliru dalam sistem menabung yang baik dan benar. Karena kerap kali sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, ketika mereka memutuskan untuk belanja maka uang mereka langsung habis sehingga tak tersisa.

Prioritas keuangan seperti yang disarankan oleh Safir Senduk dan perencana keuangan lainnya bahwa setiap orang harusnya berpikir untuk menabung terlebih dulu. Selebihnya belanja. Sehingga uang yang disimpan atau diinvestasikan lebih banyak.

Kesimpulan

Anda dapat melihat apa yang disarankan oleh Robert T Kiyosaki bahwa menabung yang baik dan benar itu bukan  di bank. Seperti menabung uang dalam jumlah kecil atau besar di bank. Tapi menabung di saham, properti, dan logam mulia. Cara ini lebih cepat membuat seseorang jadi kaya.

Demikianlah cara menabung yang baik dan benar.Dari tulisan di atas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwasanya tidak ada yang namanya menabung uang di rekening bank atau deposito yang membuat anda kaya. Maka perhatikanlah cara menabung anda saat ini. Apakah sesuai dengan yang disarankan oleh Robert T Kiyosaki atau belum?

One thought on “Tutorial Menabung Yang Baik Dan Benar – Bebas dari Financial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *