Anda hobi mengumpulkan mainan dari kecil? Jika “ya”, jangan remehkan hobi ini karena bisa jadi mainan tersebut membawa Anda pada bisnis yang menjanjikan. Salah satu bisnis yang bisa Anda lakukan terkait dengan hobi Anda ini adalah bisnis mainan.

Bagaimana peluang bisnis semacam ini di Indonesia? Sekali lagi, jangan anggap remeh bisnis ini karena faktanya perdagangan mainan di Indonesia mengalami surplus di setiap tahunnya. Bisnis mainan di Indonesia nilainya mencapai angka yang fantastis yaitu Rp. 8.2 triliun. Sekitar Rp. 5 triliun dari mainan tersebut diperdagangkan di Indonesia sendiri sedangkan sekitar Rp. 3.2 triliun sisanya diperdagangkan di luar negeri atau ekspor.

Perlu Anda ketahui bahwa ada 3 negara besar yang terus memasok mainan di Indonesia. 3 negara tersebut adalah Amerika, Singapura dan Inggris. 40% mainan Indonesia dikirim ke Amerika sedangkan 8% dikirim ke Singapura danInggris.

Indonesia sendiri bukan produsen mainan. Hal ini terbukti dari 80% mainan masih dipasok dari Tiongkok. Penyebab meluapnya pasokan mainan dari Tiongkok adalah karena penerapan SNI atau Standar Nasional Indonesia yang masih kurang.

Hal ini dapat dilihat dari pengawasan barang beredar yang dilakukan oleh Dirjen SPK atau Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen. Dari hasil pengawasan tersebut ditemukan bahwa pelanggaran mainan dari RRT atau Republik Rakyat Tiongkok masih sangat banyak di Indonesia.

Sebelum Anda memulai menjalankan bisnis mainan, ada baiknya menjaga kualitas. Menjaga kualitas artinya memastikan bahwa mainan yang Anda jual sudah sesuai dengan SNI. Contohnya, pastikan bahwa mainan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya untuk Anda.

Selain itu, desain mainan tersebut juga tidak boleh membahayakan anak-anak. Secara detail, mainan tidak boleh memiliki ujung yang runcing atau mudah pecah. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan label SNI, label bahasa Indonesia, dan nomor registrasi resmi pada mainan yang Anda jual tersebut.

Baca Juga :  Usaha dengan Modal Kecil Untuk Pemula, Coba Sedari Sekarang!

Dengan melengkapi keterangan tersebut secara tidak langsung Anda ikut melindungi konsumen yang sebagian besar anak-anak. Selain itu, lengkapi terus jenis mainan yang Anda jual agar pembeli memiliki banyak pilihan.

Memang, mainan Indonesia masih terlihat sederhana namun tetap menarik untuk dimainkan. Mainan-mainan tersebut juga sudah mengantongi standar SNI. Ingatlah bahwa menjaga kualitas sangat penting termasuk jika Anda ingin berbinis mainan.

Dengan memperbanyak mainan berlabel SNI maka mainan impor yang tidak layak juga akan berkurang. Jika mainan berlabel SNI sudah siap, lakukan promosi baik secara offline maupun online. Selain anak-anak, Anda juga bisa menyasar konsumen orang dewasa yang hobi mengkoleksi mainan. Anda tertarik untuk menjalankan bisnis mainan anak tersebut? Selamat mencoba dan semoga ulasan singkat mengenai Peluang Bisnis Menjanjikan di Balik” Jualan Mainan Anak” di atas bisa bermanfaat.

Write a Comment